Kilas Balik Media Desa 2010- 2011

Pulau Kabal

Media Desa adalah Jurnalisme Warga yang menyoroti ketertinggalan pembangunan di desa- desa yang tak terekpos oleh media massa konvensional. Jurnalisme Warga atau citizen journalism merupakan kegiatan jurnalisme yang dilakukan oleh warga biasa yang bukan  wartawan.  Dalam perkembangannya, Media desa tak hanya meliput dan mempublikasi temuannya, melainkan memediasi dan menfasilitasi masyarakat desa untuk terhubung dengan pemerintah dan lembaga- lembaga non pemerintah.

Gizi Buruk di Ogan Ilir

Media Desa berkedudukan di Kabupaten Ogan Ilir, di awal 2010. Berangkat dari desa Pulau Kabal, menyoroti jalan rusak yang telah dinikmati bertahun- tahun oleh masyarakat dan berdampak pada terhambatnya akses ekonomi dan pendidikan. Atau konflik perbatasan kabupaten Ogan Ilir dan Muaraenim yang terkesan lamban terselesaikan. Berdampak pada semua aspek kehidupan, dimana terjadi konflik social antar masyarakat, kemiskinan, penyakit dan terpinggirnya masyarakat adat.

cropped-ktm-dan-polisi.jpg

Advokasi melalui media, mendorong pemerintah untuk layanan kesehatan kesehatan di tapal batas kabupaten yang konflik, OI dan Muara Enim, kemudian memediasi Dinas Kesehatan Ogan Ilir secara rutin mengadakan kunjungan pengobatan ke desa tersebut. .Kerjasama ini berlanjut, jurnalis Media Desa menjadi duta kesehatan jiwa kabupaten Ogan ilir, terkait upayanya membina lembaga swadaya masyarakat kesehatan jiwa yang dinilai mendukung Program Indonesia Bebas Pasung 2014,

ulak-baru.jpg

Dalam menjalankan perannya, Media Desa membangun jaringan dengan sejumlah LSM dan organisasi mahasiswa. Beberapa diantaranya adalah Forum Komunikasi Masyarakat Pulau Kabal (FKPPD), Forum Komunikasi Pemuda Peduli Demokrasi, Lembaga Sosial Pondok Sabilulmunji, Asosiasi Sehat Sejahtera Back to Nature Indonesia, Komite Komunitas Demokrasi Ogan ilir (KKDOI), Yayasan Puspa Indonesia dan BEM FKIP Universitas Sriwijaya.

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s