Berkah Ramadhan Bagi Herdian


Mencatat perjalanan Herdian, bocah gizi buruk plus Thalaesemia asal Ogan Ilir dalam menempuh perjuangan memperoleh akses pengobatan yang layak dan terjangkau baginya. Ia kini tinggal di Yayasan Puspa Indonesia yang berkantor di Palembang, Yayasan yang berkompeten pada masalah perempuan dan anak. Sebuah impian emak Herdian yang terwujud bahwa ia ingin tinggal dekat dengan layanan kesehatan demi kemudahan anaknya.

Kepedihan Herdian sungguh bertolak belakang dengan amanah UUD 1945 dan peraturan perundangan lainnya bahwa negara wajib memenuhi layanan kebutuhan kesehatan rakyat secara aman, mudah, berkualitas dan terjangkau. Dan pula perjuangan Herdian sebagai anak warga dusun yg sempat terlantar sungguh kontras dengan issu korup persiapan Sea Games 2011 yang bakal dilaksanakan di Palembang Sumatera Selatan.

Herdian tinggal di dusun rawan konflik sosial akibat sengketa perbatasan Ogan Ilir- Muara Enim. Sibuk berurusan tapal batas namun pemerintah keduabelah fihak terkesan tak serius berurusan hal kesehatan masyarakatnya. Herdian merupakan warga sakit di dusun tersebut selain terdapat pula seorang bocah penderita Meningokel, dua orang lumpuh dan seorang Kusta yang tak terurus.

Terkait Herdian, Rina Bakrie Direktur Eksekutif Yayasan Puspa Indonesia kepada Media Desa mengatakan bahwa tujuan Herdian tinggal di Puspa adalah demi kemudahan Herdian melakukan kontrol kesehatan ke Rumah Sakit disamping pula akan diupayakan pemberdayaan ekonomi melalui kegiatan kerja bagi Emak Herdian.

Berkah Ramadhan bagi Herdian. Terimakasih kepada Yayasan Puspa Indonesia, relawan sosial Indah Tj yang aktif mengadvokasi dan menggalang donor darah bagi Herdian, dermawan facebookers Budi Dayun, Karlina Dewi dkk, aktivis Mahasiswa Unsri Firmansyah dkk. Segenap publik facebookers dan masyarakat luas serta staf Dinkes Ogan Ilir Priyadi SKM yang turut membantu mengadvokasi Media Desa terhubung dengan Dinas Kesehatan.

Perkembangan terakhir Herdian, Agustus 2011, berat badan dari 10 kg meningkat menjadi 15 kg. Haemoglobin dari biasanya 5 hb membaik menjadi 10 hb. Salam dari Herdian untuk kita semua.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa. Anda ingin membantu Herdian? Kontak admin blog ini: KERTANING TYAS Mobile 085764639993

Oleh: Kertaningtyas
Penulis adalah Aktivis Desa

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s