Warga Trans OI Menunggu Penetapan Batas

Ogan Ilir, Media Desa.
Lahan milik warga transmigrasi di desa Sungai Rambutan dan Tanjung Pule Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI), hingga kini belum usai. Mereka menunggu penetapan tapal batas antara kabupaten OI dan kabupaten Muara Enim.

Asisten I Sekertaris Daerah OI, Herman, mengatakan, sudah sekitar 22 kali dilakukan rapat mulai dari tataran Pemerintah Kabupaten OI, Pemerintah Provinsi bahkan sampai ke pusat, namun belum ada titik temu. Lanjutnya, penyebab lambatnya penyelesaian kepemilikan lahan ini lantaran adanya oknum tertentu yang menduduki lahan milik 15 Kepala Keluarga (KK) yang memiliki Sertifikat tanah seluas 15 Hektar.
Lebih dalam Herman mengungkapkan, ternyata sejak tahun 2005 para transmigran hanya memiliki lahan pekarangan saja dan namun belum memperoleh lahan garapan. “Ini berdasarkan laporan masyarakat yang kini masalahnya sudah doproses Kepolisian OI,” kata Herman.

Masalahnya lainnya, jelasnya, adalah lahan warga trans diklaim masuk wilayah Kabupaten Muara Enim, ada tumpang tindih antara Surat Keputusan (SK) Bupati OI soal cadangan lahan transmigrasi seluas 3.675 Ha tumpangtindih dengan SK Gubernur Sumsel, saat di jabat Syahrial, tentang izin prinsip perkebunan yang diberikan pada PT. Indralaya Agro Lestari (PT IAL).

Masalah ini sudah diketahui oleh Dirjen Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri dan kami menunggu keputusan dari Kemendagri soal kepastian tapal batas OI dan Muaraenim,” tuturnya.
Mengenai adanya oknum Pemkab OI yang ikut memiliki lahan trans, pada prinsipnya akan segera diselesaikan tanpa memandang siapapun oknumnya.

Mensikapi hal ini, Sekretaris Komisi I DPRD OI, Eko Agus Sugianto mengatakan, pihaknya (dewan-red) telah memberikan rekomendasi, jika respon Pemkab OI tidak lamban tentu masalah ini tak akan melebar kemana- mana, kata Eko. (tyas)

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s