Potret Jalan Desa Pulau Kabal, Ini Sungai Apa Jalan Darat?

Inilah potret jalan desa Pulau Kabal kecamatan Indralaya Utara kabupaten Ogan Ilir. Akses jalan darat ini telah menyerupai aliran sungai. “Saya khawatir kejadian beberapa bulan yang lalu terulang lagi, kami harus naik sampan jika keluar desa,” ungkap seorang warga.

Februari- Maret 2010 selama berkisar satu bulan jalan desa Pulau Kabal terendam air. Masyarakat terpaksa menggunakan sampan untuk keluar desa, menjual hasil bumi serta sekolah. Bahkan untuk antar jemput guru- guru dan anak sekolah. Saat ini pun kondisi akan terulang sama, beberapa titik jalan telah tampak terendam air.

“Jika nggak ada sampan kami terpaksa berjalan kaki, menempuh jalan banjir setinggi perut. Ini masih mending, tinggi air baru setengah lutut,” kisah Ani siswi yang bersekolah di luar desa.

“Kabarnya sih sudah ada anggarannya untuk jalan desa ini, cuman entah kapan realisasinya. Yang pasti kebutuhan kami adalah jalan bukan kabar,” kata seorang warga. “Ekonomi macet pak, hasil panen sayuran kami terancam membusuk, dan kasihan pula anak- anak sekolah,” lanjutnya.

“Jalan desa kita sepanjang 10km, Belakangan kondisi jalan ini terpaksa saya muatkan di beberapa Surat Kabar, untuk dibaca para Wakil Rakyat agar mereka tahu kondisi rakyat di pedesaan,” ujar Suwito tokoh masyarakat setempat.

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s