Dinas Kesehatan Kunjungi Desa- desa Korban Banjir

Dinkes kunjungi Pulau Kabal

PULAU KABAL [PK], Puluhan warga desa Pulau Kabal kec. Indralaya Utara 11 Maret 2010 tampak ramai memenuhi balai Poskesdes (Pos Kesehatan Desa), mereka menyambut kunjungan petugas dari Dinas Kesehatan Ogan Ilir.

Kebanyakan warga desa yang hadir adalah Ibu Rumah Tangga dan anak- anak serta beberapa penduduk lanjut usia. Ria paramedis Poskesdes Pulau Kabal menerangkan bahwa kunjungan ini merupakan tindakan siaga satu untuk mensikapi bencana banjir.

Desa Pulau Kabal merupakan salah satu desa di kabupaten Ogan Ilir yang terkena musibah banjir, meski hanya sebagian kecil yang terendam air namun terputusnya semua akses jalan sempat menjadikan kegiatan ekonomi dan pendidikan lumpuh. Kunjungan Dinas Kesehatan hari ini merupakan kunjungan kali pertama setelah satu bulan bencana banjir terjadi.

“Kondisi kesehatan masyarakat sini masih dalam kategori biasa saja, cuman pilek dan batuk saja yang banyak. Anak- anak kecil yang korengan itu disebabkan karena lingkungan air yang kurang sehat,” jelas dr. Hendra dari Tim Dinas Kesehatan.

Tim Dinkes Ogan Ilir

Desa Pulau Kabal termasuk dalam wilayah Sumatera Selatan yang menerapkan Program Berobat Gratis, namun sayang Poskesdes Pulau Kabal dalam hal ini kerapkali kekurangan stok obat- obatan. Maka tak ada pilihan lain bagi masyarakat desa ini untuk membeli obat yang disediakan pribadi oleh paramedisnya. Ketika ditanya hal ini dr. Hendra menjelaskan bahwa masalah ini memang disebabkan stok obat yang benar- benar terbatas. Puskesmas kesulitan membagi obat bagi jaringan Poskesdes yang berada di bawahnya. “Sebelumnya Poskesdes Pulau Kabal menginduk ke Puskesmas Payakabung, sementara Payakabung sendiri membawahi puluhan Poskesdes, ini soalnya kesulitan membagi stok obat. Untuk atasi hal ini mulai bulan ini Poskesdes Pulau Kabal menginduk ke Puskesmas Kampung Rambutan. Semoga dapat diatasi karena Puskesmas Kampung Rambutan hanya membawahi lima Poskesdes termasuk Pulau Kabal,” demikian papar dr. Hendra. “Besok giliran Tanjung Pule yang kami kunjungi kemudian menyusul desa- desa lainnya.” lanjutnya.

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s