Masyarakat Upayakan Sampan untuk Transportasi Guru dan Murid

PULAU KABAL, Setelah sekitar setengah bulan tidak aktif sekolah kini anak- anak SDN Pulau Kabal secara bertahap akan kembali normal mendapatkan materi pelajaran. Demikian pula Ana dan kawan- kawannya yang sekolah di SMP Lorok, sebuah sampan kecil kini siap mengantar jemput mereka.

Sebelumnya Elisa dan Sriyani guru honor SDN Pulau Kabal ketika ditemui disekolah kepada Pulau Kabal Online menyatakan keprihatinannya,” Tanggal 8 Maret nanti kami sudah mengadakan Mid Semester. Untuk kelas 6 Ebtanas dilaksanakan sekitar akhir April. Selama banjir ini kami sudah berjuang sekuat tenaga untuk tetap mengajar. Enam kelas hanya diajar oleh 2 guru., Dan khususnya untuk kelas 6 anak- anak hanya kami kasih buku panduan Ebtanas untuk dipelajari sendiri dalam kelas.”

Sarjono Kepala Sekolah SDN Pulau Kabal terkait hal ini memberikan informasi bahwa dirinya pun telah memberikan tembusan ke seluruh dinas terkait mengenai hal ini, “Kita sudah laporkan ke Dinas Sosial, dinas Pendidikan dan seluruh aparatur terkait termasuk Kepala Desa, namun kondisinya memang sedang terbatas, khususnya di Indralaya Utara ini banjir merata, bukan hanya SD kita yang bermasalah.”

Bantuan tak kunjung datang, Mensikapi hal ini beberapa wargapun tergerak untuk mencari solusi. Hadir ketika itu dalam musyawarah kecil di kediaman Supadi Staf Lembaga Adat Desa Pulau Kabal, antara lain Sugeng Kadus 2, Poniadi dan beberapa warga lainnya akhirnya memutuskan menggunakan sampan untuk mengatasi hal ini. Maka mulai pagi kemarin 5 Maret 2010 sebuah sampan berukuran panjang 6 meter dengan kapasitas angkutan sekitar 8 orang milik Supadi mulai beroperasi. Bukan hanya anak sekolah dan guru saja kini masyarakat lainnya pun setidaknya sudah terbantu untuk melaksanakan kembali kegiatan ekonominya.

Hayat salah seorang guru di SDN Pulau Kabal menyampaikan bahwa sekolah akan menjadwalkan setidaknya lima orang guru bergilir masuk sekolah per hari selama banjir ini, hal ini mengingat kapasitas sampan dan jarak tempuh yang cukup jauh sepanjang 3km melewati air.

Satu pemikiran pada “Masyarakat Upayakan Sampan untuk Transportasi Guru dan Murid

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s