Pembentukan Kader dan Pengurus PNPM

PULAU KABAL, Setelah tahun lalu gagal menempuh pengkaderan PNPM maka tahun ini desa Pulau Kabal kembali berupaya membina kembali dan membentuk warganya untuk aktif sebagai kader dan pengurus PNPM. PNPM sebagai program pembangunan desa tentunya memuat harapan besar bagi masyarakat. Demikian pula dengan para petugas yang mengurusi hal ini. Pertemuan PNPM di desa Pulau Kabal Kec. Indralaya Kab. Ogan Ilir yang dijadwalkan pada tanggal 15 Februari 2010 pukul 13.00 WIB terpaksa mundur hingga pukul 15.30 WIB. Akibat jalan rusak parah petugas PNPM dari kecamatan datang terlambat.

Kepalang tanggung sekalipun badan kotor dengan lumpur dan keringat para petugas itu pun tetap membuka musyawarah dengan agenda pengenalan program dan pemilhan kader serta pengurus. Musyawarah dihadiri oleh setidaknya 30 warga desa itu menetapkan Kertaningtyas dan Siti Mariyam sebagai Kader PNPM yang dalam agenda berikutnya akan diberikan pelatihan untuk dapat memahami dan melaksanakan tugas- tugasnya. Sedangkan untuk Pelaksana Kegiatan ditunjuk Suwito sebagai ketua dibantu oleh Wagianto dan Septa sebagai Ketua dan bendahara.

Desa Pulau Kabal diawali dari pemekaran desa Lorok pada tahun 2007 yang sebelumya berstatus sebagai dusun V desa Lorok yang mulai dibuka pada tahun 2003. Tujuh tahun berjalan masyarakat desa ini mengalami kesulitan akses keluar. Tahun ini adalah kondisi yang terparah apalagi jalan lain yaitu pulau Kabal- Kampung Rambutan pun ikut terputus. Kegiatan ekonomi terhambat bahkan SDN Pulau Kabal pun terpaksa libur karena sebagian besar gurunya tinggal diluar desa tidak bisa masuk.

Dari kondisi diatas tentunya masyarakat berharap PNPM benar- benar akan mampu memberikan perubahan yang lebih baik. Agenda yang direncanakan akan diadakan survey lapangan oleh kader untuk mengetahui pembangunan apa yang dikehendaki oleh masyarakat.

Satu pemikiran pada “Pembentukan Kader dan Pengurus PNPM

  1. HIndari membuka cerita dengan keterangan waktu. Ini kualitas tulisan anak SD (pada suatu hari, setahun yang lalu dst). Langsung saja ke pokok masalah.
    Desa Kabal menyelenggarakan pelatihan kader PNPM (singkatannya apa ya???orang tidak semua tahu). ……….akibat jalan rusak petugas terlambat datang. Pengkadaeran PNPM tahun lalu gagal.
    (biarkan pembaca mencari kebenaran dan hubungan antara keterlambatan petugas, jalan rusak dan kegagalan kader).

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s