Sekti Tanpa Aji, Menang Tanpa Tanding

“Memiliki Kesaktian tanpa ajian dan memperoleh kemenangan tanpa harus berperang”, demikian kurang lebih arti dari judul di atas, yang tersebut adalah sedikit kutipan dari wejangan Eyang Kusnan, seorang Guru Spiritual yang sekaligus sebagai eyang kakung dari ibu saya di Pesanggrahan Belitang. Bagaimana proses untuk mencapai hal ini?
Jika Eyang Suwadji mengajarkan kesabaran maka Eyang Kusnan lebih mengarah pada pemahaman tentang jatidiri. Siapakah jatidiri manusia yang sebenarnya?
Beliau mengistilahkan sebagai “utusan”, nama lain dari Khalifah dalam kontek agama.
Kedudukan manusia sebagai Khalifah Allah sejatinya yang menjadikan tercapainya kontek Sekti tanpa aji, menang tanpa tanding, kehidupan manusia pada dasarnya telah dijamin oleh Allah sebagai pengutus manusia dalam misinya Mamayu Hayuning Bawono, yaitu menjaga, melestarikan dan melindungi keserasian, keselarasan dan kebaikan hidup. Ketika kita sedang menjalankan misi tersebut maka dikatakanlah kita berada dalam jalan Allah, dan dikatakan menyimpang apabila kita mengingkari tugas kita. Bahkan justru hal inilah yang sering terjadi dalam diri kita. “Menjadi makhluk ego bagi manusia adalah lebih dominan dari pada sebagai Khalifatullah.” Dan hal inilah yang menjadikan manusia terhimpit oleh kondisi hidup!
Eyang Kusnansaat ini sedang berumur hampir 90th, termasuk dalam generasi tiga jaman: zaman Belanda, zaman Jepang, dan zaman Kemerdekaan. Warisan Wejangan “Sastrajendrahayucakradiningrat” dari beliau kini menjadi roh dalam pendidikan Budi Pekerti di Sanggar Silaturahmi Pangastuti, meski tidak semua ajaran dapat saya terapkan dalam kurikulum atau pengajaran, berkaitan terdapatnya kajian- kajian yang menjadikan beberapa materi beliau mesti didaur ulang dan disesuaikan dengan arah pendidikan Sanggar.

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s