Apakah Parpol Anda Bertanggungjawab?

Info Demokrasi [MEDIA DESA] Bentrok antar Partai Politik, Unjuk rasa anarkis, kasus video mesum anggota dewan, kisruh Konggres PSSI dan PARFI sampai dengan kriminalisasi petani dan serangkaian masalah politik lainnya merupakan potret kehidupan demokrasi dan politik Indonesia hari ini. Dan Partai Politik merupakan salah satu lembaga yg mestinya merasa dan turut bertanggungjawab mengenai kondisi ini. Mengapa demikian? Dan bagaimanakah dengan Parpol anda? Mari kita tengok ulasan singkat berikut ini:

Undang- undang Partai Politik Bab IV membahas tentang Fungsi, Hak, dan Kewajiban Pasal 7 yaitu:
(1) Partai Politik berfungsi untuk :
a. melaksanakan pendidikan dengan menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran atas hak dan kewajiban politik rakyat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara;

b. menyerap, menyalurkan dan
memperjuangkan kepentingan masyarakat dalam pembuatan kebijakan negara melalui mekanisme badan-badan permusyawaratan/perwakilan rakyat;

d. mempersiapkan anggota masyarakat untuk mengisi jabatan-jabatan politik sesuai dengan mekanisme demokrasi.

(2) Partai Politik sebagai lembaga demokrasi merupakan wahana guna menyatakan dukungan dan tuntutan dalam proses politik.

Yang menjadi persoalan Partai Partai Politik saat ini adalah:
1. Sudahkah partai- partai politik memberikan pendidikan politik pada masyarakat? Mungkin melalui seminar- seminar, pelatihan, atau terjun langsung ke akar rumput masyarakat utk mengadakan penyuluhan?

2. Sudahkah partai- partai politik secara pro aktif terjun ke masyarakat untuk menyerap aspirasi rakyat untuk mempengaruhi kebijakan negara? Atau hanya menyerap suara masyarakat saat kampanye untuk kepentingan kursi belaka?

3. Sudahkah partai- partai politik secara nyata mengadakan kaderisasi untuk mempersiapkan menduduki jabatan- jabatan politik melalui mekanisme demokrasi? Selama ini sadar atau tidak telah tumbuh asumsi bahwa untuk duduk sebagai anggota dewan memerlukan dana besar. Dampak dari money politik?

3. Sudahkah partai- partai politik dijadikan wahana rakyat untuk menyatakan dukungan atau tuntutan politik? Apakah ketika para petani dikriminalisasi akibat konflik tanah dengan perusahaan para parpol itu tergerak? Atau aktif bergerak saat mau kampanye saja?

Dan bagaimana dengan Parpol anda? Masalah Demokrasi dan Politik Indonesia saat ini termasuk dalam ranah tugas dan kewajiban Partai Politik. Apakah anda sepakat? Berikan komentar anda!

About these ads

Apa Komentar Anda?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s